FILSAFAT PENDIDIKAN


Perkuliahan Filsafat Pendidikan pada pertemuan ketiga kelas 7C dilakasanakan pada hari selasa tanggal 2 Oktober pukul 09.10.Pada pertemuan ketiga ini Pak Aniq selaku Dosen pengampu mata kuliah filsafat pendidikan memberikan materi tentang Pendidikan Nasional.
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.. Beberapa tokoh pendidikan yang berpengaruh adalah sebagai berikut:
1.     Ki Hajar Dewantoro
2.     M. Syafi’I
3.     A’An Nafis
Tokoh pendidikan sangat berpengaruh dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Salah satu tokoh pendidikan yang lain adalah ibu Kartini seorang perempuan yang ikut mengembangkan pendidikan akan tetapi, perempuan tetap diberikan batasan serta tidak ikut serta dalam kegiatan politik. Tokoh perempuan sebelumnya adalah Cut Nyak Dien.
Berikut salah satu paparan secara kritis tokoh pendidikan:
1.     Ki Hajar Dewantoro
Filsafat Ki Hajar Dewantara (Suargi Surjaningrat). Mengapa Ki Hajar Dewantara tidak menggunakan Nama Suarji Surjaningrat ? Karena beliau menggunakan nama Ki Hajar Dwantara untuk menyelubungi nama tersebut dan tidak ingin diketahui ningratnya karena beliau merupakan tokoh Pendidikan.Pendidikan nasional yang ada di Indonesia berdasarkan tokoh dari ki hadjar Dewantara merupakan sosok yang sangat berjasa bagi Indonesia.Begitupun di Firalandia.Perkembangan pendidikan di negara Finlandia mengurut pada sistem filsafat pendidikan dari kebijakan pendidikan Ki Hajar Dewantoro. Sistem filsafat tersebut telah diterapkan di negara Finlandia dan penerapannya berhasil sehingga negara Finlandia menjadi negara yang maju alam sistem pendidikannya. Sistem pendidikan Indonesia telah di lalaikan dalam pusat peraaban pendidikan sehingga menjadi bangsa yang lupa. Bangsa yang lupa dapat dikategorikan pada bangsa yang lalai atau dilalaikan. Beberapa bagian dalam pendidikan adalah sebagai berikut:
a.     Pendidikan Nasional
b.     Politik Pendidikan
c.     Pendidikan Kanak-kanak
d.     Pendidikan Kesenian
e.     Pendidikan Keluarga
f.      Ilmu Jiwa/ Psikologi
g.     Ilmu Adab/ Kebudayaan
h.     Berbahasa
Bagian dalam pendidikan yang dijelaskan dalam perkuliahan ini adalah Pendidikan Nasional.
a.     Pendidikan Nasional
Pendidikan Nasional adalah yang paling berpengaruh dalam pendidikan yang berawal dari rasa kemerdekaan akan tetapi tatp mengerti pada batasan diri.
Arti dari rasa kemerdekaan memiliki 2 arti alam bahasa Inggris yaitu Freedom dan Indepenence. Dalam artinya sendiri Freedom berarti bebas akan tetapi etap mengerti batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar. ArtiIndepenence yaitu ketidaktergantungan. Dalam pendidikan nasional dalam arti kemerekaannnya lebih mengarah paa arti Freedom dalam arti bahasa Inggris.
Untuk membentuk sistem pendidikan nasional adalah sebagai berikut:
·       Berdiri sendiri
·       Tidak tergantung pada oranglain
·       Dapat mengatur dirinya sendiri
Dapat berdiri sendiri memiliki arti kesadaran yang komit atau semesta yang iwakili oleh dirimu atau diri sendiri. Dalam keasadaran yang komit tersebut diartikan sebagai orang yang mampu memahami diri sendiri dengan keadaan sadar atau alam bahasa arab yaitu sodrun yang bearti dada. Artinya kesaaran tersebut berasal dari alam hati. Hubungan alam pengajaran nasional yaitu pengajaran yang selaras engan kehidupan atau penghidupan bangsa. Yaitu orang yang memberi subsidi atau bantuan yaitu berhutang budi terhadap orang yang memberi subsidi dan itu berat serta membahayakan. Artinya orang yang memberi bantuan akan memberatkan bagi yang diberi subsidi dimasa yang akan datang.

Nama : Dwy Afita Sari
Npm :  15120275
Kelas  : 7C

14120086 MIA TRISTIANA
15120002 DIANA CAHYANINGSIH
15120101 AYU PUSVITA SARI (http://ayupusvita98.blogspot.com/ )
15120103 IRWAN BUDHI PRASETYA (https://irwanbudhiprasetya18.blogspot.com/ )
15120104 INDRA DIO MEI PRATAMA
15120110 IRMA RISTANTINA LUTHVIYANI (http://irmaristhvi97.blogspot.com/2018/09/reportase.html?m=1 )
15120117 SRI UTAMININGSIH ( https://utaminingsihcerdasmendidik.blogspot.com/ )
15120131 AHMAD HIDAYAT ()
15120139 DICKRI TIFANI BADI ()
15120206 PUTRI AMALIAH ( )
15120278 EVI ISTIANAH ( http://ilmufilsafatpendidikan.blogspot.com/ )
15120283 TEGGOEH SUSILO (https://suteg1.blogspot.com/?m=1 )
15120374 ACHMAD AGUNG PRASETYO ()

Comments

Popular posts from this blog

Filsafat Pendidikan

Filsafat Pendidikan

Pendidikan yang Membentuk Karakter Peserta Didik