Filsafat Pendidikan


Manusia dan hewan merupakan makhluk ciptaan dari Allah,manusia diberikan otak dan akal,sedangkan hewan diberikan otak.Manusia sebagai makhluk sempurna karena memilik akal pikiran untuk bernalar dan akan menjadi makhluk mulia jika memanfaatkan akal pikiran untuk kebaikan serta mendapatkan atau mengolah data dari ilmu pengetahuan yang manusia peroleh.Data yang saya dapat dari perkuliahan pada hari Selasa tanggal 25 September 2018 yaitu tentang filsafat Pendidikan.
Filsafat adalah suatu kebijaksanaan hidup (filosofia) untuk memberikan suatu pandangan hidup yang menyeluruh berdasarkan refleksi atas pengalaman hidup maupun pengalaman ilmiah. Filsafat merupakan suatu ilmu pengetahuan karena memiliki logika, metode dan sistem. Namun filsafat berbeda dari ilmu-ilmu pengetahuan kehidupan lainnya oleh karena memiliki obyek tersendiri yang sangat luas. Filsafat adalah kajian masalah umum dan mendasar seperti eksistensu, pengetahuab, nilai,akal,pikiran dan bahasa.
Ciri-ciri berfikir filosfi :
1.     Berfikir dengan menggunakan disiplin berpikir yang tinggi
2.     Berfikir secara sistematis.
3.     Menyusun suatu skema konsepsi, dan
4.     Menyeluruh.
Filsafat pendidikan berasal dari dua kata yaitu kata filsafat dan kata pendidikan. Filsafat sendiri berasal dari bahasa yunani “Philos” yang memiliki arti kecintaan dan “sophia yang memiliki arti kebijaksanaan. Jika diterjemahkan dari dua kata ini, maka filsafat dapat diartikan sebagai kecintaan akan kebijaksanaan. Jika diartikan secara lengkap maka filsafat dapat diartikan sebagai kajian mendalam yang dilakukan terhadap ilmu pengetahuan didasarkan atas kecintaan seseorang terhadap ilmu pengetahuan tersebut.Ilmiah adalah mengetahui segala sesuatu apa adanya. Ilmiah adalah segala sesuatu yang bersifat keilmuan, didasarkan pada ilmu pengetahuan atau memenuhi syarat atau kaidah ilmu pengetahuan. Segala sesuaty yang dibuar berdasarkab kaidah ilmu pengetahuan disebut bersifat ilmiah seperti metode ilmiah, penelitian ilmiah karya tulis ilmiah dan sebagainya.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilmiah bersifat ilmu, secara ilmu pengetahuan memnuhi syarat (kaidah)  ilmu pengetahuan : penerbitan majalah ilmiah berkembang dengan pesat.
Akal berasal dari Bahasa Arab ‘aql yang secara bahasa berarti pengikatan dan pemahaman terhadap sesuatu. Akal adalah data pikir (untuk memahami sesuatu), kemampuan melihat cara memahami lingkungan, atau merupakan kata lain dari pikiran dan ingatan. Akal adalah suatu peralatan rohanian manusia yang berfungsi untuk membedakan yang salag dan yang benar serta menganilis sesuatu yang kemampuannya sangat tergantung luas pengalaman dan tingkat pendidikan, formal maupun informal dan manusia pemiliknya.  Jadi, akan dapar didefinisikan sebagai salag satu peralatan rohanian manusia yang berfungsi untuk mengingat, menyimpulkan, menganalisis, menilai apakah sesuai benar atau salah.



Comments

Popular posts from this blog

Filsafat Pendidikan

Pendidikan yang Membentuk Karakter Peserta Didik