Posts

Pendidikan yang Membentuk Karakter Peserta Didik

Pendidikan  yang Membentuk Karakter Peserta Didik              Perkuliahan Filsafat Pendidikan kelas 7C yang dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2018 pada pukul 09.10. Pada pertemuan kali ini pak Anik selaku dosen pengampu mata kuliah filsafat pendidikan memberikan materi tentang Pendidikan yang membentuk Karakter Peserta Didik. Pendidikan dapat berupa sebuah tindakan, jati diri seseorang dan sebuah tindakan untuk memperoleh sesuatu hal yang baik yang belum diketahui. Pada pembelajaran kali ini sangat bermanfaat. Disini dijelaskan bagaimana perbedaan antara kehidupan dan penghidupan. Apakah kalian mengetahui perbedaanya? Baik menurut dosen kami, kehidupan mempunyai arti nilai-nilai hidup. Yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan sehari-hari. Sementara penghidupan adalah materi-materi hidup. Jangan sampai terjebak dalam materi-materi kehidupan tapi lebih naik ke nilai-nilai hidup.             Pada kesempatan ini kami juga membahas tentang arogansi pengetahuan. Apakah a

Pendidikan dan Pengajaran

Pendidikan dan Pengajaran Pada perkuliahan filsafat pendidikan yang dilakukan pada hari selasa tanggal 30 Oktober 2018 dengan dosen pengampu Bapak Anik membahas tentang “Pendidikan dan Pengajaran”.  Pendidikan dan pengajaran mempunyai makna yang berbeda. Hakikat pendidikan di sekolah = hanya sebatas diberi materi pelajaran di kelas kemudian setelah selesai ya sudah, mereka pulang kerumah masing-masing. Hakikat pengajaran =    mengajarkan nilai-nilai dalam hidup. Pengajaran adalah bagian dari pendidikan. Pendidikan sejatinya adalah laku atau tuntunan, yang dilakukan.Pola pendidikan harus nuntun dan melakukan. Sedangkan pengajaran merupakan bagian dari pendidikan. Pengajaran memberikan pengetahuannya. Fungsi pengajaran memberi tuntunan pengetahuan itu untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan dikatakan sebagai universitas, dan pengajaran dikatakan sebagai parsial. Bisa dikatakan bahwa pendidikan adalah pengayoman. Pengayoman sama dengan laku, penjagaan, dan pelestarian.

Filsafat Pendidikan

Selasa, 16 Oktober 2018  Pertemuan ke 4 mata kuliah filsafat pendidikan yang di ampu oleh Bapak Aniq membahas tentang keberadaan akal yang di ciptakan dan diberikan oleh manusia.Menurut Ki Hajar Dewantara ada tiga hal yang mewakili klasifikasi pendidikan yaitu : Ruang                                   Roh                                     Jasad                               Pembahasan pertama yaitu wadag atau jasad.Manusia adalah ciptaan Allah yang paling akhir  sesudah adanya ciptaan yang lainnya yaitu alam beserta isinya karena manusia dianggap ciptaan yang paling bias merangkul semua alam menjadi obyek untuk mengenal Allah. Manusia dapat bergerak karena telah dihembuskan oleh roh. Jadi, jasa d  manusia dapat bergerak karena adanya roh, sama halnya seperti robot yang tidak dapat bergerak tanpa adanya batre atau listrik. Otak manusia dapat berfungsi karena akal sebagai generator yang menggerakkan. Yang digerakkan menghasilkan suatu realitas atau sebutan lainnya adalah Asma’. S

FILSAFAT PENDIDIKAN

Perkuliahan Filsafat Pendidikan pada pertemuan ketiga kelas 7C dilakasanakan pada hari selasa tanggal 2 Oktober pukul 09.10.Pada pertemuan ketiga ini Pak Aniq selaku Dosen pengampu mata kuliah filsafat pendidikan memberikan materi tentang Pendidikan Nasional. Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.. Beberapa tokoh pendidikan yang berpengaruh adalah sebagai berikut: 1.     Ki Hajar Dewantoro 2.     M. Syafi’I 3.     A’An Nafis Tokoh pendidikan sangat berpengaruh dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Salah satu tokoh pendidikan yang lain adalah ibu Kartini seorang perempuan yang ikut mengembangkan pendidikan akan tetapi, perempuan tetap diberikan batasan serta tidak ikut serta dalam kegiatan politik. Tokoh perempuan sebelumnya adalah Cut Nyak Dien. Berikut salah satu paparan secara kritis tokoh pendidikan: 1.